oleh

Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan Linmas, Pemdes Pajar Bulan Gelar Pelatihan

-DESA-35 views

Bengkulu Selatan | harianmediator.com – Dengan menerapkan protokol kesehatan, Pemerintah Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu menggelar Pelatihan anggota satuan perlindungan masyarakat atau yang lebih di kenal pelatihan Hansip/Linmas.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Desa setempat Kamis 19 Nopember 2020, dengan menghadirkan narasumber di antaranya Iptu Tamsir (Kapolsek Seginim), Serka Sersan Efendi (Babinsa Koramil Kayu Kunyit), Mardalena, S.Pd. M.Si (Camat Seginim) dan Lin Aprianto (Pendamping Desa).

Narasumber : Iptu Tamsir Kapolsek Seginim sedang memaparkan materi
Narasumber : Camat seginim Ibu Mardalena, S. Pd. M. Si sedang menyampaikan materi

Kepala Desa Pajar Bulan Dausriwan Hadi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota satuan perlindungan masyarakat sehingga mampu mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya bencana serta mengatasi berbagai masalah.

Selain itu, Kata Daus, Pelatihan ini juga bertujuan untuk menambah ketrampilan dan juga kesigapan anggota Linmas / Hansip dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Desa Pajar Bulan pada khususnya dan Kabupaten Bengkulu Selatan pada umumnya.

Peserta : Anggota Linmas sedang dilatih kesigapan

Menurut Daus, untuk itu perlu dilaksakan pelatihan dasar satuan perlindungan masyarakat sebagai pedoman, sebagaimana diatur di dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar satuan perlindungan masyarakat atau Linmas.

“Dalam pelatihan kalai ini kami mengundang empat narasumber, Iptu Tamsir (Kapolsek Seginim), Serka Sersan Efendi (Babinsa), Mardalena, S.Pd. M.Si (Camat Seginim) dan Lin Aprianto (Pendamping Desa),” ungkap Daus

Kepala Desa sedang memberikan pengarahan kepada para peserta

Lanjut Daus, setiap narasumber memberikan materi yang berbeda, dari Kepolisian memberikan materi bidang kesamaptaan, Ibu Camat materinya bidang perlindungan masyarakat, sedangkan materi bidang penanggulangan bencana di sampaikan Babinsa, kemudian untuk bidang kekhususan di sampaikan oleh Pendamping Desa.

“Yang terpenting dalam pelatihan ini adalah para narasumber memberikan pengetahuan dasar Linmas dan penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Linmas,” ungkap Daus.

Peserta : sedang mendengarkan pemaparan dari narasumber

Iptu Tamsir sala satu narasumber dalam kegiatan ini mengatakan, tujuan dari pada diadakan kegiatan pelatihan dasar Linmas adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Linmas dalam melaksakan fungsi perlindungan masyarakat khususnya penanggulangan bencana, siskamling dan deteksi dini.[ja]

Bhabinkamtibmas : mengajarkan dasar cara melumpuhkan lawan