oleh

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Lakukan Pengawasn Keamanan Pangan Terpadu

Bengkulu | Harianmediator.com – Menjelang Perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional 1441 H/2020 M. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu bersama Dinas Peternakan dan kesehatan hewan, Dinas kelautan dan perikanan, BPOM, Dinas Perindag dan BULOG perwakilan Bengkulu melakukan pengawasan keamanan pangan terpadu kesejumlah Pusat perbelanjaan kebutuhan bahan pokok di Kota Bengkulu, Selasa (28/7/2020).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M.Si mengatakan, Pengawasan keamanan pangan dimaksudkan untuk memastikan bahwa pangan yang di beredar di pasaran baik segar maupun yang telah di olah yang berada di Pusat perbelanjaan aman dari cemaran bahan kimia, biologis dan bahan fisik lainnya, sehingga masyarakat aman untuk mengkonsumsinya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M Si, di Hypermart Bencoolen Mall

“Salah satu Pilar Ketahanan Pangan adalah Pemanfaatan Pangan, berbicara pemanfaatan pangan berarti bericara tentang Konsumsi pangan dan keamanan pangan,” ungkap Yenita.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M Si, di Hypermart Bencoolen Mall

Menurut Yenita, keamanan Pangan adalah suatu kondisi dimana pangan bebas dari cemaran bahan kimia, biologis dan bahan fisik lainnya. Cemaran bahan tersebut bisa jadi tidak sengaja atau sengaja untuk tujuan tertentu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M.Si melakukan pengawasan di Pasar Baru Kota Bengkulu

Lanjut Yenita, Ada beberapa kemungkinan yang menimbulkan pangan terpapar cemaran bahan kimia, biologis dan bahan fisik lainnya, mungkin saja lahannya yang tidak aman, mungkin juga pada saat budidaya tanamanya, atau pada pasca panennya, atau pada saat pengemasan pangan segar, atau saat pengolahan pangan, bisa juga pada saat didistribusikan, atau pada saat dipasarkan.[ja]

top