oleh

Tim Relawan Covid Desa Terulung Tetapkan 18 KK Bakal Terima BLT DD Tahun 2021

-DESA-39 views

Bengkulu Selatan | harianmediator.com – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), yaitu bantuan keuangan yang bersumber dari Dana Desa dan ditujukan bagi masyarakat miskin/keluarga yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari akibat dampak wabah COVID-19. Hal itu disampaikan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Teruling Marni saat di temui awak Media se usai melaksanakan musyawarah Desa khusus. Kamis (4/3/2021).

Penjabat Kepala Desa Terulung Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan saat menyampaikan sambutan

Ketua BPD Desa Terulung Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Marni selaku Pemimpin musyawarah desa khusus menyampaikan, BLT DD diperuntukan untuk masyarakat miskin yang berdomisili di Desa setempat yang belum menerima bantuan dari jaminan kesejahteraan sosial lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Kartu Prakerja, BLT usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan bantuan Pemerintah lainnya.

banner 728x250
Ketua BPD

Dikatakan Marni penetapan penerima manfaat BLT DD, dilakukan berdasarkan pendataan tim relawan Covid kemudian dilakukan validasi data terhadap keluarga yg sudah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Kartu Prakerja, BLT usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan bantuan Pemerintah lainnya dengan tetap mempedomani data penerima BLT DD tahun 2020.

“Hasil pendataan yang dilakukan oleh tim relawan Covid dilanjutkan ke tingkat musyawarah Desa khusus (Musdesus), dengan tujuan untuk memfinalisasi dan sekaligus penetapan penerima BLT DD tahun 2021,” ungkap Marni

“Berdasarkan hasil keputusan musyawarah 18 Kepala Keluarga ditetapkan sebagai calon penerima BLT DD tahun 2021,” jelasnya

Pjs. Kades

Ditempat yang sama Penjabat Kepala Desa Terulung Migardi mengatakan, berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa khusus, jumlah penerima manfaat BLT DD tahun 2021 ditetapkan sebanyak 18 Kepala Keluarga, jumlah tersebut berbeda dengan tahun 2020 yang jumlah penerimanya mencapai 66 Kepala Keluarga.

“Ada pengurangan 55 KK dari penerima BLT DD tahun 2020, dan ada 7 KK sebagai penerima BLT DD baru, jadi jumlah penerima BLT DD tahun 2021 sebanyak 18 KK” ungkap Migardi

Lanjut Migardi, Pengurangan jumlah penerima BLT DD tahun 2021 berdasarkan hasil pendataan tim relawan covid, bahwa yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai penerima bantuan dari Pemerintah seperti bantuan PKH, BPNT, PRAKERJA, BLT UMKM dan bantuan lainya dari Pemerintah.

Migardi menjelaskan, merujuk kepada Peraturan PMK nomor 222 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan No 140/28 tahun 2021 tentang penerima BLT DD, bahwa BLT DD diperuntukan untuk warga miskin yang berdomisili di Desa setempat dan belum tersentuh bantuan seperti, bantuan PKH, BPNT, PRAKERJA, UMKM dan bantuan lainnya dari Pemerintah.

“Jadi, penerima manfaat BLT DD tahun 2021 ini diberikan kepada 18 KK dengan besaran Rp. 300.000 perbulan selama 12 bulan,” ungkap Migardi

Migardi berharap, dengan telah diputuskannya penerima BLT DD ini, bisa di pahami dan di terima oleh seluruh masyarakat Desa Terulung dan tidak ada lagi gejolak yang timbul di tengah -tengah masyarakat.

Musyawarah desa khusus di hadiri langsung oleh camat Manna yang di wakili oleh staf Camat Manna, Babinkabtibmas, Babinsa, PLD, Pjs. Kades Terulung, BPD dan seluruh unsur kelembagaan dan warga penerima BLT DD tahun 2020, Musdesus berjalan sukses dan lancar.(ja)

banner 728x250

Topik Terkait