oleh

Realisasikan BLT DD, Nadiman Kades Gunung Sakti Manna Ucapkan Selamat Kepada Penerima

Bengkulu Selatan | harianmediator.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap Pertama Desa Gunung Sakti Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan berjalan dengan lancar aman dan tertib. Sabtu (17/4/2021).

Kegiatan dilaksankan di Kantor Gedung Serba Guna Desa setempat yang di hadiri oleh Kepala Desa Gunung Sakti, Nadiman, Camat Manna Turman, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Manna, Babinsa Koramil Kayu Kunyit dan Perwakilan BPD Desa Gunung Sakti dan seluruh Perangkat Desa.

banner 728x250

Berdasarkan Pantauan media online harianmediator.com, Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BLT DD sejak pagi sudah mengantri dan memberikan data diri kepada panitia sebagi data pendukung penerima BLT DD tahun anggaran 2021.

Gambar berdiri : Kepala Desa Gunung Sakti Nadiman, S.Sos sedang menyampaikan sambutannya di hadap KPM BLT DD

Pada kesempatan itu Kepala Desa Gunung Sakti saat menyampaikan sambutan di hadapan masyarakat penerima BLT DD mengatakan, sebanyak 71 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BLT DD hari ini akan menerima dana untuk bulan Januari sebesar 300 ribu rupiah per KPM, dan seluruhnya akan menerima selama 12 bulan dan akan disalurkan secara bertahap.

“Meskipun disalurkan di bulan April tetapi yang bisa di realisasikan hanya satu bulan sebesar 300 ribu rupiah untuk bulan Januari,” ungkap Nadiman, S.Sos.

Lanjutnya, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa menurut Nadiman, harus di realisasikan secara bertahap atau setiap satu bulan sekali dan tidak boleh di rafel. Hal itu tertuang dalam Peraturan Mentri Keuangan Nomor 222 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Nomor 140/28/2021.

“Untuk penyaluran tahap selanjutnya akan realisasikan setelah administrasi penyaluran tahap pertama selesai semua,” katanya.

Dijelaskan Nadiman, S.Sos, penyaluran BLT DD tahun anggaran 2021 dengan jumlah 71 KPM tersebut berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa khusus beberapa waktu yang lalu.

Terkait kriteria penerimanya dijelaskan Nadiman, semuanya sudah sesuai dengan aturan yang ada, bahwasanya penerima BLT DD diberikan kepada warga miskin yang berdomisili di Desa Gunung Sakti dan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan lainnya dari Pemerintah.

“Apabila penerima BLT DD Gunung Sakti ada yang memanipulasi data dan terdaftar sebagai penerima bantuan lainnya dari Pemerintah maka data tersebut akan kami blokir sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegas Nadimam, S.Sos.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima, gunakanlah data tersebut sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Nadiman, S.Sos.

Gambar berdiri : Turman, SE Camat Manna memberikan arahan kepada KPM BLT DD

Camat Manna Turman, SE dalam sambutanya mengatakan, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat penerima BLT DD untuk mempergunakan dana tersebut sebagai modal usaha.

“Mengingat sekarang ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka saya menyarankan kepada masyarakat untuk mempergunakan BLT DD sebagi modal usaha,” ungkapnya.(ja)

banner 728x250

Topik Terkait