oleh

Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Budi Daya Ikan Lele

-DESA-58 views

Bengkulu Selatan | Harianmediator.com – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi covid-19. Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan program kegiatan budi daya ikan lele.

Program ini sala satu upaya Pemerintah Desa dalam menangani persoalan sosial dan persoalan ekonomi masyarakat di tingkat Desa.

“Hari ini kami bersama PKK dari Kabupaten, Camat Manna, Bhabinsa Koramil Kayu Kunyit dan Bhabinkamtibmas Polsek Manna, melaksanakan penebaran benih ikan lele,” ujar Adang Sutrisno, SE. M.AP selaku Penjabat Kepala Desa Lubuk Sirih Ulu.

Dijelaskan Adang Sutrisno, SE. M.AP, Ini sala satu Program Pemberdayaan Masyarakat Desa yang di harapkan sebagai pemacu yang bisa menggerakan ekonomi masyarakt Desa, oleh karena itu tujuan dari pada kegiatan ini adalah untuk mensejahtrakan masyarakat.

“Satu rumah satu kolam, jumlahnya ada 100 kolam, kurang lebih isinya satu kolam 1.000 benih ikan lele,” pungkas Adang.

Menurut Adang, Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pemerintah Desa akan bekerjasama dengan Dinas-Dinas terkait untuk melakukan perawatan dan pemeliharaannya. Selain itu, Pemerintah Desa juga akan menanggung biaya fakan sampai ikan bisa di panen.

“Untuk pemasaranya kita akan fasilitasi langsung melalui Bumdes, tapi tidak menutup kemungkinan apabila ada pihak swasta yang mau bekerjasama kami siap,” pungkas Adang.

Camat Manna Turman, SE berharap dengan adanya kegiatan ini perekonomian masyarakat khususnya warga Desa Lubuk Sirih Ulu bisa meningkat, menurut Camat program Pemberdayaan Masyarakat ini tentunya sudah sejalan dengan prioritas penggunaan Dana Desa.[ja]

top