oleh

Panitia Pilkades Sudah Terbentuk, Rahmad Rafelan Pjs. Kades Kembang Ayun Minta Panitia Netral

-DESA-128 views

Bengkulu Selatan | harianmediator.com – Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bengkulu Selatan akan dilaksanakan secara serentak tanggal 28  Bulan Juni tahun 2021 sudah memasuki tahapan persiapan.

Pesta Demokrasi tingkat Desa yang dilaksanakan setiap enam tahun sekali itu sudah memasuki babak awal. Sala satu Desa yang akan menggelar hajat Demokrasi enam tahunan itu adalah Desa Kembang Ayun Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

banner 728x250

Ketua BPD Desa Kembang Ayun Rustam Efendi mengatakan, pelantikan panitia pemilihan Kepala Desa merupakan sala satu tahapan dari sekian banyak tahapan yang harus dilaksankan oleh Badan Permusyawaratan Desa dalam melaksanakan dan mensukseskan Pemilihan Kepala Desa di Desa Kembang Ayun.

“Sesuai dengan tahapan, hari ini BPD melantik Panitia Pemilihan Kepala Desa, jumlahnya ada 9 orang yang dilantik hari ini” ungkap Rustam

Dikatakan Rustam Efendi, mulai hari ini dan seterusnya sampai ke tahap pencoblosan dan perhitungan surat suara, diharapkan seluruh panitia bekerja berdasarkan aturan yang sudah di tetapkan oleh Pemerintah.

“Panitia dalam bekerja harus mengedepankan netralitas, tidak boleh memihak kepada calon manapun, sebab secara undang-undang panitia itu harus netral tidak boleh berpihak,” tegas Rustam

Dijelaskan Rustam , dikutif dari Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 4 tahun 2021. Panitia Pilkades dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai berikut

merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan semua tahapan pelaksanaan pemilihan;

merencanakan dan mengajukan biaya pemilihan kepada Bupati/Walikota melalui camat;

melakukan pendaftaran dan penetapan pemilih;

mengadakan penjaringan dan penyaringan bakal calon;

menetapkan calon yang telah memenuhi persyaratan;

menetapkan tata cara pelaksanaan pemilihan;

menetapkan tata cara pelaksanaan kampanye;

memfasilitasi penyediaan peralatan, perlengkapan dan tempat pemungutan suara;

melaksanakan pemungutan suara;

menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan mengumumkan hasil pemilihan;

menetapkan calon Kepala Desa terpilih; dan

melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilihan.

Penjabat Kepala Desa Kembang Ayun Rahmad Rafelan mengatakan, Secara teknis pemilihan panitia pemilihan Kepala Desa adalah tugas dan wewenang BPD, tetapi Pemerintah Desa dalam hal ini sifatnya hanya membantu kawan-kawan BPD dan Panitia Pilkades untuk memberikan fasilitas dalam mendukung kegiatan tersebut, dengan tujuan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan sukses, aman dan damai.

“Harapnya tentu yang terbaik saja, semoga pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan aman, tentram dan damai,” jelas Rahmad Rafelan.

Menyoal Pembiayaan Pilkades, dirinya mengatakan, Pemerintah Desa akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan anggaran, tetapi untuk saat ini kita semua akan memaksimalkan dengan kondisi yang ada, sebab kondisi keuangan untuk Pilkades saat ini sangat tidak mencukupi.

“Mengingat anggaran nya kecil, kita maksimalkan aja yang ada,” jelas Felan

Dikatakan Felan, Pemerintah Desa hanya bisa mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang bersifat kepanitiaan, seperti perlengkapan ATK, termasuk honor panitia, khusus untuk pembuatan Kotak Suara dan Surat Suara itu di biayai oleh Kabupaten.

“Harapannya semoga Pilkades bisa berjalan aman dan kondusif, dan semoga panitia bisa bekerjasama dengan baik dengan bersikap netral dan tidak berpihak kepada calon kades manapun,” ungkap Felan.(Wa/ja)

banner 728x250

Topik Terkait