oleh

Hasil Musrenbangdes Desa Pagar Banyu, Prioritaskan Pembangunan Siring Pasang

-DESA-132 views

Bengkulu Selatan | harianmediator.com – Pemerintah Desa Pagar Banyu Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan rapat Musyarawah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2022. Rabu (20/1/2021).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Suhanto, turut di hadiri, Pjs. Kepala Desa, Sekcam Kedurang Ilir, Babinsa Koramil Kayu Kunyit, Babinkamtibmas Polsek Kedurang, PLD, hadir juga seluruh anggota BPD.

banner 728x250
Peserta musrenbangdes Desa Pagar Banyu Kecamatan Kedurang

Pada Kesempatan itu, Pjs. Kepala Desa Pagar Banyu Badi Ra’ip dalam sambutanya menyampaikan, Musrenbangdes ini bagian dari kegiatan rutin tahunan Pemerintah Desa, dimana kegiatan ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan Aspirasi/usulan dalam hal Pelaksanaan Pembangunan di Desa Pagar Banyu untuk tahun anggaran 2022, baik Pembangunan fisik maupun non fisik.

Usulan Pembangunan Desa melalui musrenbangdes kali ini untuk kegiatan tahun anggaran 2022,” jelas Badi Ra’ip.

Ketua BPD Desa Pagar Banyu Suhanto memimpin jalannya musyawarah

Ketua BPD Desa Pagar Banyu Suhanto mengatakan, Hasil kesepakatan terkait dengan Prioritas Pembangunan Desa melalui Musrenbangdes ini Pembiayaannya akan kami usulkan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat.

Pembangunan yang skala besar kita usulkan melalui APBD dan APBN, kalau yang skala kecil kita usulkan melalui APBDES Desa Pagar Banyu, khusus untuk pembiayaan usulan yang skala kecil pembahasannya akan kita lakukan pada saat Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes),” Jelas Suhanto.

Sekretaris Kecamatan Kedurang Ilir Surahman, SE menyampaikan arahan dan masukan kepada Pemerintah Desa, BPD maupun peserta musyawarah Desa

Terkait dengan hasil usulan kegiatan yang di prioritaskan, Suhanto menjelaakan, sebanyak 19 usulan Pembangunan yang akan di tindak lanjuti untuk di ajukan di tingkat Musrenbangcam tanggal 25 Februari 2021 nanti. Usulan tersebut di antaranya :

  1. Siring Pasang Jalan Provinsi,
  2. Peningkatan Jalan peningkatan jalan pendagauan
  3. Siring Irigasi,
  4. Peningkatan jalan rantau ringin,
  5. Peningkatan jalan ulu tebat,
  6. Peningkatan jalan lingkar desa,
  7. Tempat pembuangan sampah,
  8. WC Rumah tangga miskin,
  9. Bantuan bibit pertanian,
  10. Bantuan alat kesehatan,
  11. Bantuan Fasilitas mesjid,
  12. Bantuan alat PKK,
  13. Budi daya ikan terpal,
  14. Kegiatan pelatihan kader,
  15. Pembangunanpolindes,
  16. Beronjong rantau ringin,
  17. Pembangunan jembatan gantung rantau ringin,
  18. Pembangunan Bedah Rumah dan
  19. Pembangunan SPAL.[ja]
banner 728x250

Topik Terkait