oleh

Bantuan Langsung Tunai 600 Ribu Rupiah Perbulan Dari Dana Desa Untuk Warga Miskin

Bengkulu Selatan | Harianmediator.com – Peraturan Mentri Desa (Permendes) nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana dan Alokasi Dana Desa di ubah menjadi Permendes nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2020.

“Ada tiga poin penting dalam Permendes nomor 6 ini, di antaranya mempercepat Kegiatan Padat Karya Tunai, Penanganan Pencegahan Copid-19 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT),” ujar Hamdan Syarbaini, S.Sos. Msi, Kadis PMD Bengkulu Selatan.

Dijelaskan Hamdan, Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini diberikan kepada masyarakat Desa yang terdampak wabah virus corona (Copid-19) atau masyarakat miskin yang tidak mendapat bantuan dari program pemerintah seperti bantuan PKH dan bantuan-bantuan lainnya.

“Kalau udah mendapatkan bantuah seperti bantuan PKH, bantuan Kartu Prakerja dan bantuan lainnya maka tidak dapat lagi BLT dari DD,” pungkasnya.

Ia berharap kepada seluruh Pemerintah Desa di Bengkulu Selatan untuk segera menganggarkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui APBDes Desa masing-masing.

Lanjut Hamdan, pemberian bantuan BLT dari Dana Desa (DD) datanya harus akurat jangan sampai tidak tepat sasaran. Calon penerima BLT harus berdasarkan musyawarah, di putuskan melalui musawarah di Desa tujuannya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari dan menimbulkan protes dari masyarakat.

“Untuk besarannya 600 ribu rupiah sebulan selama tiga bulan dari mulai bulan April, Mei, Juni. sedangkan untuk jumlah penerimanya disesuakan di Desa masing-masing,” ungkap Hamdan.[ja]

format pendataan bantuan langsung tunai dana desa Tahun 2020

 

top