oleh

Bupati Teken MoU, Perangkat Desa di Bengkulu Selatan Biasa Mendapatkan Kredit Modal Usaha di Bank Bengkulu

Bengkulu Selatan | Harianmediator.com – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menandatangani perjanjian kerjasama antara Persatuan Perangkat Desa Indonesia dan Bank Bengkulu tentang pengelolaan keuangan desa dan pemberian kredit kepada perangkat desa, Sabtu (1/2/2020).

Pasca ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama ini, seluruh perangkat desa di Kabupaten Bengkulu Selatan bisa mendapatakan fasilitas kredit atau pinjaman modal usaha di Bank Bengkulu.

Bupat Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi sedang menandatangini berita acara MoU kerjasama dengan Bank Bengkulu

Dikatakan Gusnan Mulyadi, Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan pelopor di Provinsi Bengkulu, khusus dalam kebijakan dan kerjasama dengan Bank Bengkulu, sehingga perangkat desa berkesempatan mendapatkan fasilitas kredit dari Bank Bengkulu.

Bupati berharap, perangkat desa bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengajukan pinjaman ke Bank Bengkulu. Namun, Gusnan mengingatkan agar dana pinjaman nantinya bisa digunakan untuk modal usaha.

“Gunakan untuk usaha produktif, sehingga bisa mengembangkan ekonomi keluarga. Jangan gunakan untuk hura-hura dan kegiatan menyimpang,” tegas Gusnan.

Bupati bersama jajaran Bank Bengkulu dan ketua PPDI Bengkulu Selatan

Disampaikan Bupati, ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini tidak lepas dari upaya Pemkab Bengkulu Selatan untuk memfasilitasi perangkat desa dalam kenyamanan bekerja.

“Saya suda keluarkan Perbup, isinya Kepala Desa tidak bisa semena-mena dan seenaknya saja ganti perangkat desa. Dengan adanya jaminan secara legal ini, saya minta perangkat desa semakin semangat membangun desa dan melayani warga,” harap Gusnan.

Pembayaran ganji perangkat desa melalui rekening bank, menurut Gusnan merupakan bentuk dukungan terhadap program pembayaran non tunai.

“Kalau gajinya ditransfer lewat bank, bisa menghindari pungli dan korupsi. Saya minta seluruh pembayaran gaji perangkat desa dibayarakan melalui bank,” harap Gusnan.

Sementara itu, Ketua PPDI Bengkulu Selatan, Yudiansyah mengapresiasi dukungan Bupati Bengkulu Selatan terhadap keluarnya Perbup tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa serta terwujudnya kerjasama dengan Bank Bengkulu.[ja]

top