Pemdes Padang Serasan Realisasikan BLT DD Tahap Pertama Untuk 53 KPM

DESA3336 Dilihat

Bengkulu Selatan | harianmediator.com –  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) menjadi salah satu bantuan sosial (bansos) yang dilanjutkan Pemerintah pada tahun 2021. Program ini menjadi prioritas penggunaan Dana Desa dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian di masyarakat.

Penyaluran BLT dana desa diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 222 tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa, Peraturan Mentri Desa nomor 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021.

banner 728x250

Besaran BLT dana desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) PMK nomor 222 tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp 300.000, mulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2021 per keluarga penerima manfaat.

Dengan mempedomani PMK, Permendes dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan dan hasil musdesus tentang penetapan KPM BLT DD tahun anggaran 2021 yang dilakukan relawan Covid-19 beberapa minggu yang lalu.Pemerintaj Desa Padang Serasan Kecamatan Pino Raya  Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan penyaluran BLT dana desa tahap pertama. Selasa (6/4/2021)

Kepala Desa Padang Serasan Miharmin mengatakan, sebanyak 53 KPM warga Desa Padang Serasan hari ini akan menerima pencairan BLT dana desa tahap pertama, dengan besaran 300 ribu rupiah.

“Sebanyak 53 KPM BLT DD hari ini akan menerima pencairan tahap pertama yaitu untuk jatah bulan Januari,” ungkap Miharmin.

“Meskipun BLT DD ini disalurkan di bulan April, yang bisa di cairkan hanya satu bulan, sebab berdasarkan aturan PMK nomor 222 pencairannya BLT DD tidak bisa di rafel,” jelasnya

Dikatakan Miharmin, untuk tahap Selanjutnya, pencairan BLT DD akan kita realisasikan setelah adminstrasi pencairan BLT DD tahap pertama selesai semua.

Ia berharap bagi masyarakat yang menerima BLT dana desa ini bisa memanfatkan dengan sebaik mungkin, dan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Gunakanlah terutama untuk membeli bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari,” tutupnya

Ditempat yang sama Sekretaris Kecamatan Pino Raya Dodi Efendi, S.Pd menyampaikan, saya berharap dengan adanya bantuan BLT dana desa ini mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat kita ditengah wabah covid-19 yang belum kunjung usai.(ja)

banner 728x250